Jumat, 27 Mei 2011

Mengapa orang berbohong ????

Mengapa orang berbohong?

Siapapun yang ditawarkan sesuatu untuk membeli atau mengambil sesuatu untuk menjadi tanggung jawabnya dia akan lebih mudah menolak. Semua pria yang sekarang belum menikah tahu bahwa wanita lebih cepat mengatakan ‘tidak’  jika ditawari menikah daripada bilang ‘ya’. Karena wanita yang bilang ‘ya’ langsung bertanggung jawab untuk melahirkan anak-anaknya dan mengurusi serta membesarkannya.
Tetapi banyak orang mengerti bahwa mengatakan ‘ya’ itu mengharuskannya untuk bertanggung jawab. Sehingga dia mengatakan ‘tidak’ dulu,  baru di cek, apakah menguntungkan atau tidak.
Itu sebabnya para penjual diajarkan untuk tidak boleh bereaksi pada kata ‘tidak’ yang pertama, karena itu hanya penolakan alamiah.
Mengapa kita perlu tahu bahwa orang berbohong?
Karena kita ingin betul-betul membantu orang mendapatkan sesuatu yang tadi ditolaknya.
Kalau kita penyayang, waktu orang berbohong, tampilkan anda percaya karena menghormatinya. Lalu dalam pembicaraan berikutnya, anda atur bicara, yang membuat dia tahu kita mengabaikan yang dikatakannya tadi. Sehingga dia jadi ragu, apakah kita mengetahui kebohongan dia atau tidak. Tidak perlu dia tahu kita bohong dan membuat dia malu. Karena kalau dia malu, dia akan berbohong kembali untuk menutupi kebohongannya. Pada kebanyakan orang, sekali berbohong dia akan kembali berbohong untuk menutupi kebohongannya.
Perhtikanlah para pemimpin yang jatuh, karena terlalu banyak melakukan kebohongan, hanya untuk menutupi kebohongan yang dilakukan sebelumnya. Sehingga anjurannya, jangan memulai kebohongan, karena ini akan mengharuskan kita melakukan kebohogan lagi untuk menutupi kebohongan sebelumnya.
Lalu kalau kita tahu orang berbohong, sayangi dia, bantu dia untuk menemukan kebaikan dalam hubungannya dengan kita.
Orang-orang yang tangan kanannya aktif, 70% mempunyai prilaku yang bisa diduga, meskipun dari yang 70% ini ada yang perilakunya terbalik dari yang umum.
Orang-orang yang aktif tangan kanannya, kalau mengingat sesuatu yang telah terjadi dan ada didatabase ingatannya, mempunyai kecenderungan matanya, bergerak ke kiri bawah. Kekiri bawah, atau kekiri saja, tapi gerakan matanya kekiri.
Kalau dia harus ngarang berbicara dengan emosi atau membayangkan, belum tentu dia berbohong. Memikirkan bagaimana cara yang baik untuk mengatakan sesuatu agar orang tidak tersinggung, dia seperti perilakunya berbohong.Yaitu gerakan matanya sekarang terbalik, rata2 kekanan atas. Jika orang yang matanya bergerak kiri-kanan atau memejamkan matanya, berarti ada masalah untuk mengatakan yang sebenarnya.
Orang yang jendela kantornya disebelah kanan, sering bermasalah diduga berbohong. Karena kebiasaan menoleh ke arah kanan, dan kebiasaan ini terbawa ketika dalam negosiasi. Untuk itu, mulai sekarang berhati-hatilah, karena orang membuat kesan salah atau benar, kesan orang dibuat sebagai penetap keputusan kepada kita.
Kebanyakan orang begitu sadar dibaca langsung beku (frozen). Tanpa berbicara-pun, orang yang beku akan kelihatan dia sedang menyimpan sesuatu untuk disembunyikan. Jadi santailah. Semakin serius orang mau memperhatikan anda, anda harus semakin santai. 
Ada gerak tubuh lain yang bisa dibaca yaitu kedipan mata. Kedipan mata itu teratur untuk melubrikasi, membasahi bola mata supaya tidak kering. Sehingga kalau kedipan mata itu berlebihan diatas kewajaran, berarti ada sesuatu yang menekan orang itu untuk menyembunyikan jendela hatinya, karena mata itu adalah jendela hati.
Perhatikanlah orang yang habis bertengkar, lalu kemudia baikan. Jarang sekali melakukan kontak mata, karena takut ketahuan orang bahwa dia belum ikhlas.
Kalau kita tanpa sengaja, terlalu banyak menggerakan mata kearah kanan, kita membantu orang untuk mencurigai kita. Ada baiknya kita mengarahkan bahu kita kearah orang itu, sehingga wajah kita lebih kearah kiri, sehingga kita lebih aman, dan kelihatan lebih bersungguh-sungguh disana. Jadi ada strategi disegala sesuatu, berhati-hatilah dan ikhlaslah memperbaharui diri.

sumber : Mario Teguh golden ways

Dewi Sri Rochmulyanti
1EB12
npm : 21210914

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar